Teknologi

Buat Pengguna WhatsApp, Sign atau Telegram, Ubah Pengaturan Keamananmu!

Suara.com – Setelah WhatsApp mengumumkan pembaruan kebijakan privasinya, jutaan pengguna bermigrasi ke aplikasi perpesanan lain. Dua terfavorit adalah Telegram dan Signal, tampaknya karena menawarkan privasi yang lebih besar.

Namun, tidak satu pun dari ketiganya yang sepenuhnya dapat diandalkan, kecuali jika kamu mengubah pengaturan keamanan tertentu untuk melindungi informasimu dengan lebih baik.

Dilansir laman Enterpreneur, Jumat (28/1/2021), pakar keamanan siber Zak Doffman mengklaim bahwa Telegram dan Sign menjanjikan lebih banyak privasi daripada platform tradisional.

Namun, seperti WhatsApp, mereka memiliki pengaturan penting yang belum ditentukan sebelumnya dan harus diubah mulai sekarang.

Baca Juga:
Ini Cara Menggunakan Fitur Keamanan Baru WhatsApp

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

Kini setelah platform ini mendapatkan popularitas, Doffman membagikan rekomendasinya untuk mengonfigurasi perangkat sehingga information kita akan sulit diakses.

WhatsApp

Dalam aplikasi ini, pesan dienkripsi secara end-to-end dan hanya pengguna yang memiliki akses ke konten. Namun, Doffman mengatakan bahwa masalahnya terletak pada metadata: siapa, kapan dan di mana dalam hubungannya dengan pesan kamu, serta kontak dan informasi tentang perangkat kamu.

Caranya sebagai berikut:

  1. Hindari konten berbahaya yang Anda terima, seperti tautan dan lampiran yang tidak dikenal.
  2. Menonaktifkan opsi untuk secara otomatis menyimpan gambar yang diterima di galeri telepon.
  3. Dapatkan nomor PIN yang ditawarkan ‘verifikasi dua langkah’ untuk mencegah peretas membajak akun Anda dengan penipuan.
  4. Matikan backup. Menurut Doffman, sementara pesan dilindungi saat dikirim, jika Anda menggunakan opsi WhatsApp untuk mencadangkan riwayat obrolan kamu ke Apple atau awan Google, salinan tersebut tidak dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung.

“Kami ingin mengatasi beberapa rumor dan menjadi 100% jelas, kami terus melindungi pesan pribadi Anda dengan enkripsi ujung ke ujung,” tulis WhatsApp di akun Twitter resminya beberapa hari lalu.

Baca Juga:
WhatsApp Bagikan Informasi Lewat Status, Warganet: Ada yang Takut Ditinggal

Telegram

Related Articles

Back to top button