Berita

DPR Dukung Asesmen Nasional 2021 Tetap Berlangsung di Tengah Pandemi, Ini Alasannya

Asesmen Nasional 2021 di tengah pandemi COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan pentingnya asesmen nasional (AN) tetap diadakan di tengah pandemi seperti saat ini.

Menurutnya, pemetaan mutu pendidikan sangat penting untuk segera dilakukan agar secepatnya, Kemendikbudristek mengetahui sejauh ketertinggalan dunia pendidikan akibat Covid-19. Sebab, saat ini sangat dibutuhkan analisa data terkait learning loss yang terjadi. 

“Justru dengan adanya pandemi, AN menjadi jauh lebih penting untuk mengetahui seberapa besar ketertinggalan kita, mencakup apa saja dan di mana saja. Dengan AN juga kita mengetahui daerah dan sekolah yang paling membutuhkan bantuan,” tutur Nadiem Makarim dalam rapat kerja Komisi X DPR RI baru-baru ini.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan My Esti Wijayanti menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan AN.

“Menurut saya, AN adalah hal penting yang harus dilakukan oleh Kemendikbudristek untuk mencari tahu gambaran sesungguhnya sekolah dan siswa kita seperti apa dan untuk merencanakan kebijakan selanjutnya,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Perbukuan Kemendikbudristek Anindito Aditomo mengatakan  AN  dilaksanakan di daerah yang sudah diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Dampak yang bervariasi akibat pandemi juga dinilai mendorong perlunya untuk melakukan pemetaan yang lebih menyeluruh. Dengan demikian, Kemendikbudristek bisa segera merancang program dan intervensi yang lebih terarah. 

Studi RISE di Bukittinggi menemukan fakta menggembirakan bahwa kemajuan pembelajaran di tahun 2020, yakni setelah adanya pendemi dan berlangsungnya pembelajaran jarak jauh (PJJ), justru sedikit lebih tinggi dari pada kemajuan pembelajaran di tahun 2019. 

Source link

Related Articles

Back to top button