Finansial

Dukung program pembangunan berkelanjutan, Askrindo perkuat sinergi dengan Baznas

ILUSTRASI. Kantor Pusat PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/27/03/2019

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyelenggarakan khitanan massal untuk anak kurang mampu di Ternate, Maluku Utara dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Acara khitanan massal ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam memperoleh layanan kesehatan, utamanya untuk mencegah meningkatnya risiko penyakit.

Khitanan massal diikuti 200 anak, yang terdiri dari 150 anak asal Ternate dan 50 anak berasal dari Bekasi pada 26, 27, dan 30 Januari 2021.

Di Ternate, khitanan massal diselenggarakan di tiga lokasi yakni di Masjid At Taubah, Kecamatan Ternate Selatan pada 26 Januari, Aula Dispora Kecamatan Ternate Utara dan Masjid Al Munawaar Kecamatan Ternate Tengah pada 27 Januari. Sedangkan di Bekasi, khitanan massal bertempat di Yayasan As-Shofiani Ahmadi, Ponpes Yatim Dhuafa & Anak Terlantar Kabupaten Bekasi pada 30 Januari 2021.

Baca Juga: Permudah petani dan peternak, Jasindo luncurkan Aplikasi PROTAN (Proteksi Pertanian)

Ketua Baznas RI Noor Achmad mengapresiasi terselenggaranya acara ini, yang merupakan bentuk kepedulian Baznas dan Askrindo terhadap masyarakat kurang mampu yang kesulitan mendapat fasilitas pelayanan sosial.

Selain itu, lanjut Noor, kegiatan ini juga sebagai partisipasi lembaga terhadap program pemerintah dalam menyosialisasikan dan mewujudkan program pelayanan kesehatan, serta mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable building objectives (SDGs) dalam hal kesehatan.

“Kami turut mengapresiasi Askrindo yang telah menggandeng Baznas dalam acara khitanan massal ini. Kegiatan positif ini tak hanya dilakukan di sekitaran Jabodetabek saja, namun juga mencapai timur Indonesia yang memang biaya khitan di sana cukup mahal,” kata Noor dalam keterangannya, Kamis (28/1).

“Dalam kegiatan ini, Baznas merekomendasikan anak peserta khitan, agar tepat sasaran dan benar-benar dari kalangan kurang mampu. Selain itu, Baznas pun menerjunkan tim kesehatan dari Rumah Sehat Baznas,” sambung Noor.

Noor menambahkan, sinergi antara Baznas dan Askrindo telah terjalin sejak 2019 melalui berbagai program. Pada tahun 2019, tercatat Askrindo dan Baznas bersinergi dalam pembangunan masjid bagi masyarakat korban bencana di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah; renovasi ruang kelas dan penyediaan laboratorium bahasa di Makassar, penyediaan ambulans jenazah di Makassar; penyediaan perahu nelayan di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; dan penyaluran APD, handsanitizer, masker, suplemen serta makanan siap saji kepada masyarakat.

Baca Juga: Genjot pemasaran asuransi, insurtech gencar menggaet mitra

Setahun berselang, tepatnya pada 2020, keduanya kembali berkolaborasi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam program pembangunan Rumah Tahfiz di lingkungan SMP Cendekia Baznas, program operasi katarak dan khitanan massal di Jabodetabek dan Ternate, serta program penyediaan perlengkapan Masjid Al-Askar di Desa Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Terkini, kerja sama Baznas dan Askrindo dilakukan pada awal 2021, yakni berupa penyaluran donasi bersumber dari dana Company Social Accountability (CSR) Askrindo, yang difokuskan pada program pendidikan dan kesehatan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS) poin nomor 3 dan nomor 4.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Free of charge!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer free of charge senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related Articles

Back to top button