Teknologi

Ilmuwan Ungkap Ukuran Bayi Tyrannosaurus, Hanya Sebesar Anjing

Suara.com – Para ahli mengungkap ukuran bayi Tyrannosaurus dalam jurnal Canadian Magazine of Earth Sciences. Dinosaurus yang berada di puncak predator itu rupanya memiliki ukuran sebesar anjing fashionable saat ini.

Penelitian ini mengamati sisa-sisa fosil embrio Tyrannosaurus untuk memperkirakan ukuran telur dan menemukan bahwa Tyrannosaurus yang baru lahir mungkin seukuran anjing Border Collie.

Spesimen yang diperiksa dalam penelitian ini adalah fosil embrio Tyrannosaurus pertama yang pernah diidentifikasi.

Tim ahli paleontologi membuat pemindaian 3-D dari sisa-sisa fosil yang halus termasuk tulang rahang kecil dan cakar yang ditemukan di Kanada dan Amerika Serikat.

Baca Juga:
Pertama Kalinya, Ilmuwan Deskripsikan Lubang Anus Dinosaurus

Bayi Tyrannosaurus. [Eurekalert.org]
Bayi Tyrannosaurus. [Eurekalert.org]

Informasi ini memungkinkan untuk mengidentifikasi fragmen sebagai milik bayi Tyrannosaurus.

Para ilmuwan mampu mengukur hewan dari fragmen kecil termasuk gigi dan diperkirakan fragmen Tyrannosaurus ini hanya memiliki panjang kurang dari satu meter ketika menetas.

Telur Tyrannosaurus memang belum ditemukan dalam catatan fosil, tetapi para peneliti memperkirakan panjangnya sekitar 43,2 cm.

“Fosil ini adalah jendela pertama ke kehidupan awal Tyrannosaurus dan mereka mengajari kita tentang ukuran dan penampilan bayi Tyrannosaurus,” kata Dr Greg Funston dari Sekolah GeoSciences Universitas Edinburgh, seperti dikutip dari IFL Science, Kamis (28/1/2021).

Tyrannosaurus hidup di Bumi sekitar 70 juta tahun lalu, sekitar pada Zaman Kapur akhir dan mampu tumbuh dengan panjang sekitar 12,2 meter serta berat mencapai 8.000 kilogram.

Baca Juga:
Berusia 98 Juta Tahun, Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Terbesar di Dunia

Hewan purba ini adalah predator yang ganas di masa jayanya, dengan gigi bergerigi untuk merobek daging dan rahang besar dan kuat.

Related Articles

Back to top button