Berita

Kaget Didatangi Pedagang Jatim, Habib Hasan Mulachela: Saya Orang Solo

Perwakilan pedagang asal Sidoharjo, Jawa Timur saat berkunjung ke kediaman Hasan Mulachela di Solo. Foto: diambil dari Radar Solo

jpnn.com, SOLO – Sejumlah pedagang pasar tradisional asal Sidoharjo, Jawa Timur menemui tokoh masyarakat Solo, Habib Hasan Mulachela.

Mereka mengeluh, pendapatan anjlok sejak pandemi Covid-19. Ditambah lagi dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali yang berlangsung sejak 14 Januari lalu.

Para pedagang tak tahu apakah masih bisa melanjutkan usaha. Mengingat untuk kulakan barang dagangan saja, mereka sudah kehabisan modal.

“Saya mewakili para pedagang dari Sidoharjo, Jawa Timur. Di sana ada lebih dari 24 ribu pedagang. Ada (pedagang) kain, sembako, dan lainnya. Semua merasakan kesulitan. Kalaupun hari ini laku satu dua, itu hanya bisa untuk makan sehari-hari. Tak bisa untuk kulakan lagi,” kata Muhammad Soleh, perwakilan pedagang Sidoharjo saat berkunjung ke kediaman Hasan Mulachela di Pasar Kliwon, Solo.

Tak ingin persoalan ini terus berlarut-larut hingga pedagang kian bangkrut, mereka pun melakukan berbagai upaya guna mencari solusi. Salah satunya dengan menemui Habib Hasan Mulachela di Solo.

Selain menyampaikan unek-unek dan kondisi yang tengah dialami, para pedagang itu juga meminta doa kepada Hasan Mulachela. Agar semua kesulitan dapat dilalui dan ditemukan solusi-solusi.

“Kalau seperti ini terus, apa pedagang ndak gulung tikar. Maka, sebelum permasalahan makin jauh, kami berinisiatif mencari solusi dengan bertemu Habib Hasan Mulachela. minta doanya ulama. Kami menganggap Habib (Hasan Mulachela) guru kami, ulama,” papar Soleh.

Sementara itu, Hasan Mulachela mengaku awalnya sempat kaget saat didatangi para pedagang dari Jawa Timur itu.

Source link

Related Articles

Back to top button