Berita

Semasa Pandemi Covid-19, Penerima Manfaat di Balai Kemensos Ciptakan Hasil Karya Menarik

Kursi-sepeda hasil karya penerima manfaat di Balai Anak Paramita Kemensos. Foto: Dok Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA – Para penerima manfaat di Balai Anak Paramita Kementerian Sosial (Kemensos) yang ada di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan inovasi dengan menciptkan hasil karya berupa kursi-sepeda.

Kepala Balai Paramita Ketut Supena mengatakan, hasil karya itu dibuat dari keterampilan las dan pertukangan kayu yang dimiliki penerima manfaat di sana.

“Kursi-sepeda dibuat karena masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini dibatasi untuk beraktivitas di luar rumah. Namun, animo masyarakat untuk berolahraga terutama berolahraga sepeda juga tinggi,” kata Ketut.

Atas hal itu, para penerima manfaat di balai tersebut melakukan kreasi dan melahirkan hasil karya.

“Penerima manfaat mencurahkan pemikirannya ke arah positif, belajar membuat karya-karya yang mampu bersaing di pasar, mampu mengelola keuangan hasil penjualannya, karena hasil penjualan produk-produk sepenuhnya untuk mereka,” urai Ketut.

Dari beberapa penuturan penerima manfaat, mereka membutuhkan waktu dua hari untuk menyelesaikan satu kursi-sepeda, jika bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia. 

Bahan-bahan yang dipakai adalah barang-barang bekas seperti sepeda yang sudah tidak dipakai, besi, kayu, cat, dan eceng gondok.

Selain itu, kursi-sepeda tersebut juga dijadikan sarana penunjang diskusi oleh pekerja sosial dalam menggali permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh penerima manfaat. (cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Source link

Related Articles

Back to top button