Finansial

Tahun ini, Pegadaian bidik exceptional gadai efek Rp 150 miliar

ILUSTRASI. Gedung Kantor Pusat Pegadaian di Jakarta.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Pegadaian (persero) membidik exceptional gadai efek tahun ini minimum sebesar Rp 150 miliar. Goal tersebut disumbang baik dari gadai saham maupun gadai obligasi.

“Kontribusi exceptional terbesar masih dari institusi baru,” kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo, Jumat (29/1).

Guna merealisasi goal tersebut, gadai pelat merah ini telah menyiapkan enam strategi mulai dari melakukan literasi melalui mitra sekuritas, komunitas dan influencer pasar modal. Kemudian menambah rekanan sekuritas. 

Selanjutnya, meningkatkan layanan gadai efek melalui on-line buying and selling sekuritas yang saat ini masih tahap pengembangan. Lalu penyempurnaan layanan pengajuan serta peningkatan layanan melalui aplikasi PDS atau Pegadaian Virtual Carrier.

Berikutnya, penggunaan fitur Minta Tambah. Terakhir, melakukan kajian risiko untuk perluasan jaminan eksisting yang diperkirakan terealisasi pada kuartal dua atau kuartal tiga 2021 ke dalam indeks IDX80. 

Baca Juga: Pegadaian ajak masyarakat menabung emas sambil berdonasi

Ini merupakan indeks yang mengukur kinerja harga dari 80 saham yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar serta basic yang baik. 

“Saat ini ada beberapa nasabah eksisting yang melakukan gadai berulang yaitu tebus dan gadai baru. Bahkan ada yang telah melakukan tiga hingga empat kali gadai berulang,” terangnya. 

Ia memperkirakan tren gadai saham tahun ini menunjukkan peningkatan khususnya dari segmen investor retail yang sebelumnya pernah mencoba layanan produk gadai efek. Sementara beberapa retail berasal dari sekuritas – sekuritas baru yang sebelumnya belum punya pengalaman dengan gadai efek. 

Seperti diketahui, kehadiran gadai saham bertujuan untuk bridging investor saham. Artinya, investor bisa mendapatkan likuiditas atau pendanaan tanpa harus kehilangan asetnya. Skema gadai saham sama dengan saat nasabah menggadaikan saham mereka. 

Jika sewaktu-waktu sahamnya turun banyak, Pegadaian akan meminta nasabah untuk melakukan most sensible up untuk meng-quilt rasio yang sudah ditetapkan. Bisa dengan menambah jaminan atau mengangsur pinjaman tersebut. Produk gadai ini ditujukan untuk investasi jangka panjang, bukan buying and selling. 

 

DONASI, Dapat Voucer Free of charge!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer free of charge senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related Articles

Back to top button